Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH

Keberadaan SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah, awal mula berdirinya pada tahun 1978 bersamaan dengan pembangunan daerah pemukiman transmigrasi di Way Abung II. Pada saat didirikan sekolah ini bernama Sekolah PertanianMenengah Atas ( SPMA ) dibawah Yayasan Makarti Mukti Tama. Kemudian pada tahun 1981, masih dibawah yayasan yang sama berubah menjadi Sekolah Farming Menengah Atas ( SFMA ), sampai tahun 1985.

Pada Tanggal 22 Nopember 1985, melalui keputusan nomor : 0598/0/1985 sekolah ini dinegerikan menjadi Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP ) dan dibawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada tahun 1993, melalui bantuan ADB sekolah ini menempati kampus baru seluas 30 hektar sampai dengan sekarang ini.

Seiring dengan adanya perubahan kurikulum, maka pada tahun 1999 sekolah ini menjadi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 1 Tulang Bawang Tengah sampai dengan sekarang ini. Dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) maka memungkinkan untuk menambah jurusan baru. Sejak tahun pelajaran 2007/2008, sesuuai dengan dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masyarakat, maka SMK N 1 Tulang Bawang Tengah telah memeliki 5 Jurusan/ Program Studi keahlian, yaitu :

1. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman
2. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Ternak
3. Program Studi Keahlian Agribisnis Sumber Daya Perairan
4. Program Studi Keahlian Teknik Otomotif
5. Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informasi

Untuk mencapai tujuan pendidikan, maka proses pembelajaran dilaksanakan di sekolah dan di Dunia Usaha/ Industri melalui kegiatan Praktik Industri. Sedangkan untuk menyalurkan minat dan bakat para siswa dalam bidang ekstra kurikuler, di sekolah dilaksanakan kegiatan olah raga (sepak bola, bola voly, basket), kepramukaan, PMR, PKS, English Club, Rohis, dan Group Band.