Program SMK Pertanian Pendukung Ketahanan Pangan SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH

SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH – SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH telah bersinergi dalam program pertanian mendukung ketahanan pangan.Karena,SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH kompetitif dalam pengembangan produksi ketahanan pangan dan banyak meluluskan siswa-siswi yang berkompeten .Hal itu dipengaruhi oleh penyediaan sarana dan prasarana serta kegiatan jurusan yang cukup baik dalam ketahanan pangan itu sendiri.

Pelaksanaan program pertanian ketahanan pangan dimulai (27/07/2019) pada jurusan ATP&ATPH dalam pengelolahan lahan sebagai persiapan penanaman tanaman yang akan dibudidayakan.Kemudian pada (24/08/2019) kembali melakukan praktik pemeliharaan dan pengobatan pada tanaman budidaya yaitu timun suri, cabai, tanaman sayur penghasil daun dan melon.

Dalam program pertanian ketahanan pangan juga mencakup bidang peternakan dan perikanan. Pelaksanaan program pertanian ketahanan pangan di bidang peternakan dimulai pada (26/08/2019) kegiatan praktiknya yaitu perawatan pertumbuhan ayam dan penyortiran telur ayam serta membuat produk olahan dari budidaya ayam tersebut.

Kemudian, pada jurusan perikanan sudah dimulai sejak (20/07/2019) praktik membuat olahan makanan nughet dari daging ikan lele hasil budidayamya, serta nanti juga akan ada praktik perawatan pertumbuhan ikan air tawar seperti lele .Tak hanya itu,banyak olahan yang akan dibuat untuk mendukung program pertanian ketahanan pangan tersebut.

Dengan adanya program pertanian ketahanan pangan ini, diharapkan dapat menghasilkan produksi yang bisa menjadi peluang usaha untuk kedepannya serta meningkatkan lulusan SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH yang kompetitif dan siap merambah ke dunia kerja atau perkuliahan.